Access Runtime

Program Aplikasi Database Warga (dbWarga) membutuhkan software Microsoft Access untuk menjalankannya, minimal versi 2010.

Jika anda tidak mempunyai software MS Access (atau mempunyai versi yang lama), anda  perlu menginstal software MS Access Runtime. GRATIS dan Legal! (atau menginstal yang full version, tentu lebih baik).

Kenyataannya, ada yang sudah memiliki Access 2010, namun ketika menjalankan Program dbWarga muncul error. Hal ini karena Access 2010 nya belum terupdate. Untuk yang ini juga disarankan agar menginstal Access 2013 Runtime.

Jadi kesimpulannya, jika anda masih mengalami problem karena Access tidak bisa menjalankan aplikasi dbWarga, coba instal Access 2013 Runtime atau yang lebih baru.

Berikut ini link download Access Runtime (2013 dan 2016):

PENTING: Download versi bit yang sesuai dengan komputer / software MS Office yang terinstal di komputer anda (lihat catatan di bawah ini).

 

CATATAN:

  • Software MS Access (baik full version maupun runtime version) bisa diinstal walaupun sudah ada instalasi MS Access versi lain dalam komputer. Terserah pada kebutuhan anda, apakah ingin memiliki beberapa versi Access tersebut atau membuang versi yang tidak diperlukan.
  • Access versi Runtime tidak bisa digunakan untuk membuat database atau melakukan pekerjaan disain lainnya, hanya bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi. Jika anda menggunakan Access untuk pekerjaan, sebaiknya mempertahankan yang full version.
  • Anda hanya bisa menginstal MS Access dalam bit yang sesuai dengan bit MS Office yang sudah ada di komputer / terinstal (32 bit atau 64 bit). Clue: untuk pemakai Access 2010 atau yang lebih lama kemungkinan besar MS Office-nya 32 bit.
  • Pada pilihan file intaller yang akan didownload, pilih x86 untuk versi 32bit, atau x64 untuk versi 64bit.
  • Jika dalam komputer ada beberapa MS Access, jalankan aplikasi dbWarga dengan cara klik-kanan, Open With, lalu pilih MS Access yang diinginkan (kalau langsung double-click kuatir akan menjalankan MS Access yang sudah diset sebagai default program).