Penting: BACA dulu informasi berikut ini secara lengkap baru melakukan download Update.


UPDATE Versi 2.05

Setelah Program dbWarga 2.0 didownload dan dicoba oleh pemakai, muncul beberapa "masalah" terutama berkaitan dengan software MS Access yang sangat beragam versinya. Update yang disediakan ini mencoba mengatasi problem tersebut.

  • Bagi anda yang baru saja mendownload program dbWarga, jika versinya 2.05, anda tidak perlu melakukan update. Program yang anda download sudah yang terbaru.
  • Bagi anda yang sudah berhasil menjalankan program dbWarga, anda boleh tidak melakukan update, namun lebih baik jika melakukan update. Update di sini hanya mengganti file program agar menjadi yang terbaru.
  • Bagi anda yang belum berhasil menjalankan dbWarga, anda boleh membuang hasil download yang sebelumnya dan mendownload ulang versi yang baru (di halaman DOWNLOAD), tidak perlu update.
  • Bagi anda yang ingin mengganti semua file program dengan yang terbaru, silahkan download program yang lengkap (di halaman DOWNLOAD). File DATA yang sebelumnya, jika sudah ada isinya, bisa digunakan (tinggal ditaruh di folder program yang baru, dan daftarkan di Konfigurasi Program).
  • Update 2.05 menggunakan file Master_v201.accde (sudah tersedia dalam file Zip yang didownload). File ini menggantikan file Master versi sebelumnya.
    CATATAN: jika nama desa/kelurahan anda tidak ada dalam file Master yang baru, lakukan REQUEST kembali lalu masukkan kode yang pernah dikirimkan kepada anda.

 

Apa Yang Baru di Versi 2.05

Jika anda sudah menggunakan versi sebelumnya (hingga versi 2.04), hal baru di versi 2.05 adalah:
  • Perbaikan kesalahan, misalnya pada Jenis Pekerjaan tertulis "Pewagai Negeri Sipil" sudah dikoreksi menjadi "Pegawai Negeri Sipil".
  • Penambahan Status Perkawinan, sekarang tersedia status "Janda Cerai Hidup", "Janda Cerai Mati", "Duda Cerai Hidup", dan "Duda Cerai Mati" sehingga comply dengan data pada KTP.
  • Penambahan "Dukuh" sebagai sebutan untuk lingkungan setingkat RW (Selain "Lingkungan" dan "Banjar").
  • Bisa mencetak form "DATA KELUARGA" yang mirip "KARTU KELUARGA".
  • Pada Informasi/Statistika, sudah dipisahkan kolom data berdasarkan jenis kelamin (Laki-Laki dan Perempuan).
  • Informasi/Statistika sudah bisa dicetak (tersedia fitur untuk mencetaknya).
  • Penambahan Desa/Kelurahan yang di-Request (sekarang sudah total 1.254 desa/kelurahan yang didukung).

Update ini berdasarkan permintaan dan masukan dari rekan-rekan pengguna aplikasi Database Warga yang tergabung dalam WhatsApp Group "Database Warga".

Saya mengucapkan terima kasih kepada semua rekan yang telah memberi semangat dan do'a untuk saya, serta berinteraksi seperti sahabat dan keluarga.

 

Apakah Saya Harus Mengupdate Program?

Miungkin bagi pengguna aplikasi yang tidak terlibat dalam diskusi di WAG merasa ragu untuk melakukan UPDATE.
 

Apakah harus melakukan update?

Jawabannya: TIDAK. Jika anda cukup satisfy dengan versi yang sebelumnya, tidak membutuhkan hal-hal baru yang ditambahkan pada versi baru, anda bisa terus menggunakan program versi lama.
 
Namun perlu diketahui bahwa sebuah versi ada masa berlakunya (masa expired) yang dipasang untuk mengontrol jika ada bug atau celah keamanan. Jika versi program yang anda gunakan sudah expired, maka anda HARUS melakukan update.
 

Apakah akan menggangu data yang sudah ada?

Jawabannya: TIDAK. Update hanya mengganti file program dan file master, sementara file DATA dan file CONFIG (yang menyimpan pengaturan) tidak diganti.
 
Untuk berjaga-jaga, pastikan anda MEMBACKUP file data dan file config. BACKUP ini tidak hanya dilakukan ketika ingin update, tetapi juga untuk jaga-jaga jangan sampai file data rusak, komputer rusak, dan sebagainya.
 
Cara Backup cukup sederhana: copy file data dan file config tersebut ke tempat lain.

 

Download Update Program

Baca file "Keterangan Update.txt" di dalam file Zip yang didownload.


Contoh gambar utk versi 2.03



Bergabung Dengan WAG Database Warga

Untuk konsultasi, meminta bantuan, bertanya, dan berinteraksi dengan pemakai Aplikasi Database Warga, silahkan bergabung di WhatsApp Group (WAG) Database Warga.

Caranya: klik link http://bit.ly/wag-dbwarga (klik di smartphone yang ada aplikasi WhatsApp).

Jangan lupa perkenalkan diri anda (Nama dan Alamat/Daerah).


Selamat menggunakan, semoga bermanfaat!